-->

Pengertian Priority Schedulling & Guaranteed Schedulling

- September 26, 2017
advertise here
advertise here
Pengertian Priority Schedulling & Guaranteed Schedulling, detiktutor.blogspot.co.id
Pengertian Priority Schedulling & Guaranteed Schedulling, detiktutor.blogspot.co.id
Hai.. Kembali lagi nih di detik tutor, kali ini detik tutor akan membahas tentang tugas tugas kuliah nih, akhirnya sempat juga saya ngeblog lagi setelah fakum.. hahaha.. sebenarnya tugas kuliah ini semester 1 yaitu saya disuruh mencari apa itu pengertian dari prioriry schedulling dan guaranteed schedulling. Tau gak sih kamu tentang priority schedulling dan guaranteed schedulling?

Priority Scheduling  merupakan  algoritma penjadwalan  yang mendahulukan  proses  dengan  nilai prioritas tertinggi. Setiap proses memiliki  prioritasnya masing - masing.  Prioritas  suatu proses  dapat ditentukan melalui beberapa karakteristik antara lain :
a.    Batas waktu
b.    Kebutuhan Memori
c.    Akses file
d.    Perbandingan antara I/O dengan CPU 
e.    Tingkat  kepentingan proses

Kelemahan dari Priority Schedulling 
Kelemahan priority schedulling adalah dapat terjadinya infinity blocking yaitu suatu proses dengan prioritas yang rendah memiliki kemungkinan untuk tidak di eksekusi jika terdapat proses lain yang memiliki prioritas lebih tinggi darinya.

Nah sudah tau kan pengertian dari Priority Schedulling.. lanjut nih ke tahap berikutnya guaranteed schedulling.

GS (Guaranteed Schedulling)
GS (Guaranteed Schedulling ) merupakan penjadawalan preemptive yang menggunakan prioritas dinamis. Memberi janji realistis (daya pemrosesan sama)

Rumus = waktu = kapasitas : 2 pembagian sama tiap kapasitas
Contoh data mempunyai kapasitas 2gb,8gb,4gb.. Rata rata waktunya berapa?
Jawab 2gb kapasitas + 8gb+4gb
2

Kelebihan dan kekurangan GS (Guaranteed Schedulling )
Kelebihan : ketepatan atau rata rata waktu yang diberikan sama, cukup cerman dalam pemilihan data, menyesuaikan performa pada processor


Kekurangan : penyeleksian atau pembagian waktu yang terlalu rumit, mengganggu penjadwalan/pemrosesan lain, ukuran file/size yang kecil terhambat karena diberi waktu yang sama

Nah udah tau kan pengertian dari priority schedulling dan guaranteed schedulling, Jadi kegunaan/fungsi dari masing masing diatas adalah digunakan untuk penjadwwalan/antrian saat pemrosesan data. sehingga data tidak crash/bertabrakan..
Semoga artikel ini bisa membantu.. terimakasih sudah berkunjung. Wassalamualaikum Wr Wb

Advertisement advertise here

1 comments:


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search